Skip to main content

Featured Posts

10 Manfaat Kesehatan dari Semangka

Tips Mudah dan Murah Mendinginkan Prossesor Komputer/Laptop Yang Panas


Tips Mudah dan Murah Mendinginkan Prossesor Komputer/Laptop Yang Panas │ Prossesor adalah sebuah Perangkat Keras pada sebuah Komputer atau Laptop anda, Komputer atau Laptop tentu saja memiliki sebuah Prossesor/Processor, karena prossesor adalah Otak atau Inti dari Komputer, kebayang gak kalo Komputer tidak memiliki Otak.?? Mau mikir pakai apa tu Komputer. Hehehe.

mengatasi komputer panas



Prossesor adalah IC unit yang bekerja sebagai pusat pengendali yang didukung oleh perangkat lainnya untuk menjalankan sebuah sistem yang ada pada sebuah perangkat Komputer.

Secara Umum pengertian processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputensi dan digunakan sebagai pusat atau otak yang fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas secara cepat.

Saat ini banyak beredar dipasaran Unit-Unit Prossesor dari berbagai merk, diantara yang sudah banyak dikenal adalah Intel, AMD, IBM, Apple, Cyrix VIA, dan IDT, Namun yang paling terkenal di Indonesia adalah Merk Intel dan AMD.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Internet

Prossesor terletak pada sebuah Socket yang telah tersedia pada Motherboard, dan sebuah prossesor dapat diganti dengan Prossesor yang lain jika mempunyai socket yang sama.
Socket ini berbentuk segi empat yang memiliki lubang-lubang kecil sebagai tempat tertancapnya kaki-kaki atau PIN Prossesor, dengan kata lain, socket berfungsi sebagai Konektor atau Penghubung antara Prossesor dan Motherboard.

Nah karena itu, dalam pemilihan Motherboard harus disesuaikan dengan jenis socket dari prossesor yang akan digunakan, misalnya jenis socket dari prossesor Intel ada yang berjenis LGA, maka carilah Motherboard yang mendukung socket LGA.

Begitu juga dengan Prossesor AMD, ada socket AM3+ maka harus dicari Motherboard yang support socket AMD3+

Karena Fungsi Prossesor adalah untuk membagi tugas/pekerjaan dalam memprosses data kepada seluruh Komponen komputer, hal ini dilakukan dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Jika dibahasakan, Prossesor sebagai otak jika selalu digunakan untuk menghitung, menghafal, mengingat dan memproses Informasi maka tentu saja akan membuat Otak cepat Panas.

Untuk meminimalisir panas yang timbul akibat kerja Keras sang Prossesor, biasanya dipasangkan sebuah kipas pendingin pada badan prossesor tersebut.

Apa akibat prossesor terlalu panas, Akibatnya pasti saja akan membuat Kerja Komputer menjadi Lambat, Restart Sendiri, hang dan yang terburuk adalah Rusak.

Baca Juga : 3 Aplikasi Untuk Akses Internetan Gratis

Berikut ini kami sediakan beberapa Tips Mudah dan Murah untuk kalian yang merasa Prossesornya Komputer Panas atau Laptop Panas :

Posisi
Posisi CPU/Casing harus ditempatkan pada yang dapat mengalirkan udara dengan bebas, jangan ditempat tertutup, sehingga dapat dengan mudah mendapatkan aliran udara yang membuang panas.
hal ini juga berlaku untuk Laptop, dimana penempatan posisi laptop jangan sampai bengap dan menutupi lubang2 ventilasinya, seperti di kasur.

Atur Ulang Kerapian Kabel-Kabel
Kerapian itu perlu loh, ada baiknya kalian lihat lagi posisi dan bagaimana kabel2 diluar CPU dan di dalam CPU Kalian, siapa tau ada Kabel yang menghalangi kinerja kipas/baling-baling fan prossesor, tempatkan kembali dengan benar dan baik, Mudah2an bisa menambah indah pemandangan.

Bersih-bersih
Iya, bersih-bersih. Siapa tahu cpu komputer atau Laptop kalian selama dibeli belum pernah yang namanya dibersihkan. Coba buka casingnya dan bersihkan. Siapa tahu banyaknya debu mengganggu/menghambat sirkulasi udara.

 Buka-bukaan
Apa.?? Maksudnya Buka casing CPU Komputer kaliang, bahkan ditingkat yang lebih extrem, saya pernah membuka casing laptop dan kemudian saya tempatkan diatas cooling pad, cukup membantu dan masih sangat ekonomis.

Thermal Paste
Thermal Paste adalah sejenis pasta yang digunakan pada badan prossesor sebelum dilengketkan dengan Heatsink kipas pendingin.
Fungsi Thermal Paste membantu mentransfer panas antara prossesor dan heatsink Kipas, juga mencegah terjadinya percikan api dan overload panas sebagai efek kinerja keras prossesor.
Thermal Paste yang tidak bagus tidak akan memiliki fungsi maksimal.

Ganti Kipas Baru
Pergantian Kipas dapat dipertimbangan jika semua hal diatas sudah dilakukan namun masih juga panas, bisa saja seiring berjalannya waktu, performa kipas/fan prossesor menurun dan butuh pergantian baru, saran saya jika ganti baru, ganti saja dengan yang punya kemampuan lebih bagus.

Tambah Kipas
Jika tidak memungkinkan untuk mengganti kipas CPU Komputer kalian, coba akali dengan pemberian kipas tambahan, seperti kipas angin 10 inci untuk CPU, Laptop cooling pad atau Laptop Cooler, biasanya akan membuat panas dari prossesor berkurang.

Demikianlah, beberapa Tips trik Mudah dan Murah untuk mendinginkan prossesor panas yang dapat kalian aplikasikan pada CPU Komputer ataupun Laptop kalian.

Popular posts from this blog

Perlengkapan Sebelum Menjadi Seorang Youtuber Sukses

Perlengkapan Sebelum Menjadi Seorang Youtuber Sukses - Youtube merupakan perusahaan yang berjalan atas naungan google dimana youtube akan membayar orang jika video yang mereka upload banyak ditonton orang, selain menghasilkan uang dari youtube, mereka juga ingin bekarya lewat video yang mereka buat, dari karya inilah mereka bisa menghasilkan uang apabila video yang di upload banyak ditonton warga dunia, dan pada tahun 2017 ini youtube mengeluarkan kebijakan agar channel yang kalian buat bisa mendapatkan iklan dan dibayar oleh youtube.



Setiap youtuber pasti mempunyai peralatan dan perlengkapan sebelum memulai karier mereka di youtube, baik dari yang paling canggih sampai yang sederhana, selain itu mereka juga mempunyai basecamp dimana tempat mereka membuat karya.
Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

Kali ini admin akan membahas perlengkapan-perlengkapan inti sebelum memulai karier di youtube :
1. Kamera
Tanpa kamera para youtuber tidak akan bisa bekarya karena karya yang mereka…

Ini Dia 3 Hero Mobile Legends Yang Auto Savage

Mobile legends merupakan salah satu game yang sangat populer sekarang ini, game buatan moonton ini sanggup mencapai rating tertinggi di playstore untuk saat ini, game moba yang satu ini mampu bersaing dengan game-game moba lainnya  seperti Garena AOV, Vainglory, dan masih banyak lainnya, tetapi game ini mampu menduduki rating tertinggi dari game moba yang saya sebutkan tadi, mungkin penyebabnya karena faktor ukuran file dan server yang baik.



Disini saya tidak akan membahas tentang gamenya tetapi saya akan membahas tentang 3 hero game mobile legends yang gampang savage atau auto savage, mau tau tentang 3 hero tersebut...? terus simak ulasan berikut ini.

1. Karina
Karina merupakan salah satu hero assasin di mobile legends, hero ini dikatakan mudah dapat savage karena damagenya yang sangat besar, dengan ciri khas nyampahnya dia selalu dapat meng kill banyak musuh-musuhnya dan saya sering punya temen karina banyak yang dapat maniac dan savage, dengan gerakannya yang cepat hero ini dapat meng…

Berbagai Manfaat Pisang Untuk Kecantikan

Manfaat Pisang Untuk Kecantikan - Manfaat apa yang diberikan pisang pada kulit Anda. Ini bukan fakta yang diketahui tetapi pisang membawa banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Tentu saja, makan pisang sangat bermanfaat, terutama saat Anda mengkonsumsinya sebagai makanan. Tetapi jika Anda mencoba menerapkannya pada kulit dan rambut Anda maka itu akan membantu Anda untuk menyingkirkan sejumlah besar masalah dengan kulit yang mungkin terjadi.

Bagaimana pisang bermanfaat bagi kecantikan Anda? Anda harus tahu fakta bahwa pisang adalah bahan yang sangat baik yang sering digunakan dalam perawatan rambut dan kulit karena kualitas pelembabnya yang efektif. 
Pisang mengandung banyak vitamin dan mineral dan membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit Anda. Ini adalah sumber kalium dan minyak alami yang karenanya memiliki kualitas yang menenangkan. Pisang sangat bagus untuk perawatan di bidang kecantikan, karena mengandung asam amino yang disebut triptofan.
Bagaimana cara mengaplikasikan pisang? Jika An…